Fera Susanti Anmartias

Guru Bahasa Inggris MTsN 3 Pasaman Barat, Sumatera Barat yang hobi memotret, bermedsos dan menulis. Baru belajar menulis merangkai kata agar bermakna. A...

Selengkapnya
UJIAN

UJIAN

Mau menulis reportase. Tapi rada-rada mirip kolom atau opini yaa?

Yaa sudahlah, yang penting menulis!

Hari Senin, 11 Februari 2019 adalah hari pertama dimulainya ujian PRA UN dan PRA UASBN di madrasah saya, MTsN 3 Pasaman Barat.

Kali ini saya bertugas menjadi pengawas ujian. Bersama seorang guru lagi mengawasi siswa kelas IX yang siap melaksanakan ujian selama 90 menit.

Menit-menit para siswa terlihat serius dan khusyuk mengisi biodata mereka. 30 menit selanjutnya suasana masih tenang. 30 menit terakhir kegaduhan mulai terasa. Yang sudah selesai merasa sudah hebat dan ingin keluar kelas. Tapi sesuai aturan tidak ada yang boleh keluar duluan sebelum bel berbunyi. Jadi lah 30 menit terakhir mereka bersantai, walaupun sudah diingatkan pengawas untuk membaca kembali dan memeriksa lembaran jawaban mereka.

Santai dan terlihat biasa- biasa saja serta acuh tak acuh ada ujian. Itulah penilaian saya terhadap murid-murid kelas IX sekarang. Mereka seolah mengangap remeh ujian Pra Un ini. Karena ujian ini masih menggunakan kertas dan pensil. Minggu lalu mereka mengikuti Pra UAMBN dengan komputer. Tiba-tiba ujian kali ini kembali ke jaman old, begitu kata para siswa.

Sesaat ujian selesai saya bercakap-cakap dengan mereka.

" Bu, kenapa ujian ini pake kertas pensil? Bukankah kami ujian dengan komputer?"

"Itu UNBK Nak, ini ujian Pra UN."

"Ah ... gak asyik, Buk! Serasa gak ujian beneran bu!"

"Ah sombong anak ibuk semua, ayo kerjakan lagi ujiannya, jangan banyak tanya lagi!"

Begitulah ... modernisasi ujian belum di segala lini. Masih harus menunggu dan bertahap untuk semua sistem komputerisasi. Semoga tidak membawa kesombongan dengan pergantian sistem. Semoga juga para guru milenial pun selalu upgrade dengan segala sistem yang ada.

Pasaman Barat, Feb 11

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sama Bunda, di tempat saya juga ada tryout UN

12 Feb
Balas

Reportase zaman now, dikemas dengan apik , menarik. Semoga ke depan ujian bisa lebih baik ya Bund..anak-anak bisa mengerjakan dengan lebih maksimal. Sehat fan sukses. Barakallah

12 Feb
Balas

Reportase yang memenuhi kaedah 5W1H. Awesome.

11 Feb
Balas

This is not yet reportase yaa pak? I Need to learn more n more about reportase

11 Feb

Hehehe...maklum aja Bun...namanya juga anak-anak... pengin nya yang canggih... Sukses selalu bunda

12 Feb
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali